Penelusuran SMART

Rabu, 04 Januari 2012

Amankah Datang Ke Tempat-Tempat Ini Tahun 2012?


TAMPAKNYA, 2011 merupakan tahun yang berat bagi beberapa negara lantaran bencana alam. Lantas, apakah negara-negara ini sudah lebih pulih di 2012?

Jepang sempat mengalami bencana alam gempa dan tsunami, negara-negara Timur Tengah seperti Mesir dan Tunisia juga mengalami gejolak politik, sebagian hal yang menyebabkan negara-negara tersebut mengalami penurunan wisatawan mancanegara yang cukup signifikan.

Bagaimana dengan 2012, apakah sudah cukup aman untuk mengunjungi negara-negara tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikutip Budgettravel, Selasa (03/01/2012):

Jepang

Maret 2011, gempa dengan kekuatan 8,9 skala richter mengguncang negara ini. Gempa disusul dengan tsunami menyerang wilayah pantai timur laut Jepang dan mengambil nyawa ribuan orang.

Belum cukup, gempa ini mengakibatkan hancurnya pembangkit listrik nuklir Fukushima Daiichi, dikhawatirkan radiasi nuklir menyebar ke beberapa area. Menurut sebuah agen perjalanan Jepang, InsideJapan Tours, beberapa turis memang membatalkan kunjungannya ke Jepang akibat bencana ini, namun banyak juga yang sekadar menunda dan kembali mengunjungi Jepang dalam beberapa bulan setelah negara ini pulih.

Mereka juga mengakui pariwisata cukup terpukul atas bencana ini, namun terbukti dalam tiga bulan sektor wisata mulai bangkit. Meskipun hari pertama 2012 diawali dengan cukup buruk, yakni gempa 7 skala richter, Jepang dinilai masih aman dikunjungi. Namun, disarankan untuk menghindari daerah-daerah dekat pembangkit listrik tenaga nuklir. Tokyo, Kyoto, dan Osaka adalah tempat wisata yang cukup aman apabila terjadi bencana tidak terduga.

Mesir

Di 2011, negara-negara Timur Tengah mengalami gejolak politik yang cukup panas, salah satunya Mesir. Diawali protes terhadap pemerintahan Husni Mubarak pada Januari kemudian kerusuhan pada Okotober. Meskipun Husni Mubarak telah turun, revolusi terus berlanjut dan dikhawatirkan masih akan ada aksi-aksi lanjutan.

Namun Departemen Pariwisata Mesir meyakinkan bahwa negara ini sudah aman bagi wisatawan, khususnya Kairo yang kini dijaga banyak polisi. Bahkan untuk menarik kembali wisatawan yang jumlahnya menurun drastis di 2011, Departemen Pariwisata Mesir membuka kembali pesiar di Sungai Nil yang telah ditutup selama 16 tahun. Kunjungan ke Mesir cukup aman, namun sebaiknya menunggu dan melihat kondisi di bulan-bulan pertama 2012 ini dulu.

Yunani

Perekonomian Yunani memang sedang dalam kondisi yang buruk saat ini, begitu pula perekonomian di negara-negara Eropa lainnya. Namun ternyata, krisis ini tidak memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Yunani pada 2011.

Asosiasi Pariwisata Yunani melaporkan bahwa jumlah kunjungan ke Yunani naik sebesar 12 persen. Namun, wisatawan tetap harus berhati-hati karena apabila krisis ini tidak kunjung selesai, dikhawatirkan akan terjadi kerusuhan dan demonstrasi seperti Oktober 2011 lalu, saat 74 demonstran bentrok dengan 32 polisi dan membuat beberapa tempat dan transportasi umum ditutup.

Pada 2012 ini, kunjungan ke Yunani sebaiknya ditunda hingga krisis perekonomian mereka membaik, atau apabila harus mengunjungi Yunani, maka tetaplah berada di kota-kota besar seperti Athena.

Bangkok, Thailand

Menjelang akhir 2011, Bangkok dilanda banjir besar akibat hujan berkepanjangan yang tidak berhenti selama tiga bulan. Banjir melanda sebagian besar wilayah negara ini, termasuk Ibu Kota Bangkok dan beberapa objek-objek wisata, salah satunya Situs Warisan Budaya UNESCO, Istana Ayutthaya.

Banjir juga merendam beberapa bandara internasional dan menyebabkan banyak penerbangan yang dibatalkan. Awal Desember 2011, banjir yang memakan ratusan korban jiwa telah surut dan kini, Bangkok berbenah untuk kembali menyambut wisatawan.

Di 2012, cukup aman mengunjungi Bangkok, asalkan terlebih dahulu melihat situasi cuaca setempat. Apalagi di 2012, Thailand memberikan banyak promosi dan diskon untuk menarik wisatawan yang sempat menurun saat bencana banjir.
(ftr)
 
referensi: okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...