Penelusuran SMART

Senin, 21 November 2011

Hasil Final SEA Games Indonesia 2011, Indonesia VS Malaysia


“Kekalahan Bukanlah  Akhir Dari Segalanya” filsafat itu terdengar pas dengan apa yang terjadi pada Tim Garuda Muda kita, kalah dengan skor 5 – 4 dari Tim Harimau Malaya di Final SEA Games Indonesia 2011 tak menyurutkan ksatria U-23 ini untuk bangkit menjadi “The Next Winner” di ajang Sea Games Myanmar 2013 mendatang atau di ajang AFF Suzuki Cup 2012.

“Ayo Indonesia Bisa!” begitu riuh dan membara suporter timnas yang memadati stadion Gelora Bung Karno, Jakarta meneriaki timnas memberikan semangat, namun apa mau dikata dewi Fortuna sedang berpihak pada kubu Malaysia, sampai babak tambahan pun skor masih imbang 1 – 1.

Dengan Susunan Pemain Seperti Ini:
Indonesia (4-2-3-1): 1-Kurnia Mega; 15-Hasim Kipow, 28-Abdul Rahman, 13-Gunawan Dwi Cahyo, 24-Diego Michaels; 8-Egi Melgiansyah (C), 6-Mahardiga Lasut; 21-Andik Virmansyah (Ferdinand Sinaga 65’), 27-Patrich Wanggai (11-Ramdani Lestaluhu 75’), 10-Oktovianus Maniani; 25-Titus Bonai.

Malaysia (4-4-2): 1-Che Mat Khairul Fahmi; 2-Jasuli Mahali, 24-Ahmad Mohamad Muslim, 4-Mohd Shas Mohamad Fadhli, 3-Mohd Azmi Mohd; 11-G. Kandasamy Gurusamy, 9-Ambumamee Thamil Arasu, 10-Bakhtiar Badrol (C), 6-Omar Mohd Asraruddin Zubir; 7-Fazail Mohd Irfan, 13-Saarani Ahmad Fakri.

Di awal babak pertama Indonesia berhasil  membuat Gol perdananya di menit ke-5 berkat sundulan pemain bernomer punggung 13 Gunawan Dwi Cahyo menorehkan catatan manis pada babak ini menjadi 1 – 0 untuk Indonesia.
Memasuki menit ke-17, Tinus Bonai akhirnya berhasil mencetakkan Gol yang ke-2 untuk Indonesia namun Hakim garis menyatakan bahwa pemain bernomer punggung 25 asal Papua ini “Offside”. Begitu tipis offside yang dilakukan sebenarnya menurut saya, tapi keputusan wasit memang tidak boleh dilanggar.

Tidak mau tertinggal timnas Malaysia mulai berstategi untuk memasukan Gol ke gawang Indonesia dan di menit ke-35 pemain bernama Omar Mohd Asraruddin Zubir berhasil mewujudkannya. Kurnia Mega sang Goal Keeper Indonesia tak berhasil menyelamatkan gawangnya dan skor kini menjadi 1 sama. Satu untuk Indonesia dan Satu untuk Malaysia.

Sampai akhir babak pertama wasit memberikan tambahan waktu selama 2 menit namun hasil tetap sama yaitu 1 – 1.

“Priiiitttt...” Peluit berbunyi menandakan Babak kedua sudah dimulai. Namun kedua tim sama-sama bermain apik. Banyak terdapat kartu kuning mewarnai babak ini.

Dibabak Tambahan Ferdinand Sinaga berhasil mencetakkan Gol di menit ke-93 namun terjebak Offside oleh Oktavianus Maniani dan gagal sudah Gol ke-2 bagi Indonesia di babak menegangkan ini. 3 gol namun 2 gol tidak sah karna offside bagi timnas Indonesia, begitu juga bagi timnas Malaysia pada menit ke-97 oleh Omar Mohd Asraruddin Zubir mendapatkan Gol offside.

Sampai peluit panjang berbunyi hasil tetap sama 1 – 1. Dan jalan penentu pun ditempuh yaitu Adu Finalti. Drama Finalti pun terjadi, Lautan Merah suporter timnas Indonesia hening sesaat karna tegangnya.

Beginilah Adu Finalti itu berlangsung:

Indonesia 1 – Malaysia 0. Titus Bonai yang menjadi eksekutor pertama Indonesia berhasil ditebak arahnya oleh Khairul Fahmi tapi bola tetap masuk.

Indonesia 1 – Malaysia 1. Mahari Jesuli yang merupakan bek kanan Malaysia berhasil menyamakan kedudukan usai mengecoh Kurnia Mega.

Indonesia 1 – Malaysia 1. Gunawan Dwi Cahyo yang ditugaskan menjadi algojo kedua gagal menjalankan tugasnya setelah sepakannya hanya menerpa tiang gawang Malaysia.

Indonesia 1 – Malaysia 2. Malaysia berhasil unggul usai pemain pengganti Othman Fandi kembali mengecoh Kurnia Mega.

Indonesia 2 – Malaysia 2. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan usai kapten Egi Melgiansyah menendang bola ke kanan gawang Malaysia sementara Khairul Fahmi bergerak ke kiri.

Indonesia 2 – Malaysia 2. Kurnia Mega tampil gemilang untuk menggagalkan eksekusi striker Malaysia, Ahmad Fakri. Keputusannya bergerak ke arah kanan sangat tepat.

Indonesia 3 – Malaysia 2. Abdul Rahman berhasil mengeksekusi penalti dengan baik usai tendangannya ke arah kanan berhasil mengecoh kiper Malaysia yang bergerak ke kiri.

Indonesia 3 – Malaysia 3. Bek Malaysia, Mohammad Fadhli berhasil membuat Malaysia kembali menyamakan kedudukan usai tendangan kaki kirinya yang sebenarnya berhasil ditebak Kurnia Mega mampu melesak masuk.

Indonesia 3 – Malaysia 3. Indonesia gagal mengambil alih keunggulan. Ferdinand Sinaga gagal menjalankan usai tendangan lemahnya ke tengah gawang berhasil dimentahkan Khairul Fahmi.

Indonesia 3 – Malaysia 4. Malaysia akhirnya memastikan gelar juara usai tendangan kaptennya, Bakhtiar Baddrol sukses menjebol gawang Kurnia Mega. Bola sebenarnya bisa ditahan kaki Kurnia Mega tapi karena kerasnya tendangan Bakhtiar Baddrol, bola tetap bergulir masuk ke gawang Indonesia. 

Malaysia pun sukses meraih medali emas SEA Games 2011 sekaligus mempertahankan gelar emas sepakbolanya dua tahun lalu.


Indonesia harus Puas dengan Medali Perunggu yang disematkan oleh Menteri Pemuda Dan Olah Raga RI, Andi Alfi Malarangeng kepada semua pemain timnas Indonesia dan offisialnya begitu pula pada Coach-nya Rahmat Darmawan atau yang sering disapa RD ini, walau raut muka kecewa namun masih jelas terlihat mereka mencoba tetap tegar. Winner Berturut-turut adalah timnas Malaysia, juara Sepakbola SEA Games Laos 2009, AFF Suzuki Cup 2010 dan Kini juara SEA Games Indonesia 2011. Indonesia di urutan ke-2 sebagai 1st Runner Up dan diikuti oleh tim dari Myanmar sebagai 2nd Runner Up.

Dikumandangkannya Lagu “NEGARAKU” lagu kebangsaan Malaysia disambut gembira oleh para suporter Macan Malaya Muda kala itu namun berbanding dengan Lautan Merah Suporter Kita yang kemudian berubah muram, ada yang merenung, menundukan kepala bahkan ada yang sampai menangis. Begitu sedih suasana kala itu memang tapi jalan masih panjang, Timnas Garuda Muda kita masih banyak waktu untuk menunjukan pada Dunia bahwa kita adalah Tim Terbaik di kawasan Asia Tenggara ini bahkan di kawasan Asia.

Dan ini adalah Perolehan Medali SEA Games Indonesia 2011. (dari Okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...